PSM Makassar Bertahan Di Liga 1, Madura United Bekap Borneo FC

By ommed


nusakini.com - PSM Makassar memastikan bertahan di Liga 1 setelah dalam pertandingan pekan ke-33 di Stadion Kompyang Sujana, Jumat (25/3) malam WIB, mengalahkan juru kunci Persiraja Banda Aceh dengan skor 1-0.

Tambahan tiga poin itu membuat PSM kini mengoleksi nilai 38, unggul lima angka dari Persipura Jayapura yang berada di posisi teratas zona degradasi. Koleksi poin PSM ini tidak mungkin terkejar Persipura, mengingat Liga 1 musim ini menyisakan satu pertandingan.

Hasil itu juga membuat kini hanya tiga tim yang masih berjuang menghindari degradasi, yakni PSS Sleman dengan 36 poin, Barito Putera (35), dan Persipura (33). Hasil pekan depan akan menentukan nasib ketiga tim tersebut.

PSM dan Persiraja mengawali pertandingan tempo sedang. Kendati demikian, Persiraja sempat mendapatkan peluang pada menit keenam, tapi sepakan Akhirul Wadhan dari jarak sekitar 25 meter dapat ditepis kiper Syaiful.

Tim Juku meningkatkan irama permainan untuk menekan pertahanan lawan, dan nyaris membuka keunggulan pada menit ke-17. Namun tendangan Yakob Sayuri masih menghajar tiang kanan gawang.

Upaya PSM untuk membuka keunggulan akhirnya terwujud empat menit menjelang babak pertama usai. Umpan pendek Yakob disambut sontekan lambuung Ferdinand Sinaga di depan kotak penalti yang tak dapat dijangkau kiper Aji Bayu Putra.

Persiraja yang tertinggal satu gol memperlihatkan permainan agresif di babak kedua. Kendati demikian, mereka menemui kesulitan untuk membongkar pertahanan tim besutan Jakob Gall. Di lain sisi, PSM hanya berusaha mempertahankan keunggulan.

Persiraja harus mengakhiri pertandingan dengan sepuluh pemain setelah Akhirul Wadhan diganjar kartu merah, karena melakukan pelanggaran terhadap Ganjar Mukti. Skor 1-0 untuk PSM ini bertahan hingga laga usai.


Sementara pada pertandingan yang berlangsung sore hari, Madura United mencatat kemenangab tipis 1-0 atas Borneo FC di Stadion Dipta Gianyar. Hasil laga ini tidak memberikan pengaruh terhadap kedua tim, karena mereka sudah mengamankan tempat untuk Liga 1 musim depan.

Kemenangan mengangkat posisi Madura United ke peringkat sepuluh klasemen sementara setelah mengoleksi nilai 41. Sedangkan Borneo FC tertahan di posisi keenam dengan 49 poin.

Borneo FC mampu mendominasi permainan sepanjang babak pertama, namun mereka gagal memaksimalkan peluang. Di lain sisi, Madura United nyaris membuka keunggulan pada menit ke-43, tapi tendangan Hugo 'Jaja' Gomes membentur tiang kanan gawang. Skor imbang tanpa gol menutup babak pertama.

Sedangkan di babak kedua, Madura United mampu mengimbangi permainan Borneo FC. Laskar Sape Kerrab akhirnya memastikan kemenangan empat menjelang pertandingan usai ketika sontekan Slamet Nurcahyono yang menerima umpan terobosan Jaja berhasil menjebol gawang Borneo FC. (gi/om)